Bagaimanakah Hidup Bisa Bertahan dan Berkembang…?

Y.M. Bhikkhu Cittagutto, Mahathera

Dalam kehidupan manusia pada umumnya dapat dipastikan ada yang sukses dan ada pula yang gagal dalam menempuh berbagai hal yang dihadapi masing-masing. Bagaimana lika-liku hidup bisa membuahkan hasil yang disebut sukses, dan mengapa ada pula hidup yang harus berakhir dengan kegagalan? Tentu ini akan terlihat bagaimana pula lika-liku yang dilalui sehingga bisa gagal untuk meraih sukses yang mungkin sangat diharapkan. Mari kita mencoba untuk mengikuti dan menelusuri di mana kira-kira ada masalah yang membedakan di antara orang-orang yang berhasil meraih sukses dengan orang-orang yang justru malah menerima kegagalan dalam hidupnya sendiri di dunia ini.

Mengawali Hidup Memang Tidak Mudah
Banyak sekali orang yang dalam hidupnya sebetulnya sudah berusaha, berjuang dan kerja keras untuk meraih sukses, namun lebih sering gagal, bahkan selalu gagal. Hal ini bisa saja terjadi mungkin karena langkah-langkah yang ditempuh itu tidak sesuai atau kurang tepat. Mungkin selama dalam proses berjuang dan berusaha dia sendiri tidak fokus gara-gara banyak urusan, atau mungkin saja karena usaha dan kerja keras yang ia lakukan bukan mengarah pada keberhasilan yang diharapkan, tapi memang agak menyimpang dengan arah yang semestinya. Atau bisa juga disebabkan oleh hal-hal lain yang memang juga tidak sesuai dengan yang seharusnya. Misalnya, ia sebetulnya memiliki kemampuan untuk berbisnis/berdagang/jadi pengusaha yang akan membuat hidupnya bisa berkembang dan maju, akan tetapi ia justru menjalani kehidupan bukan jadi pebisnis/pedagang namun memilih menjadi seorang karyawan/pekerja biasa. Tentu hidupnya menjadi tidak bisa berkembang bahkan menghadapi banyak kesulitan yang kadang-kadang beruntun atau berturut-turut dalam beberapa waktu yang cukup lama.

Mampukah ia bertahan dalam menentukan sikapnya terhadap masalah seperti itu? Hal ini sangat tergantung bagaimana ia memiliki kemampuan berpikir untuk mengambil tindakan yang mestinya waspada dan hati-hati, sehingga tidak sampai pada keputusan salah yang ia lakukan.

Memperjuangkan Hidup Butuh Kepiawaian
Seseorang sudah berjuang dengan pengalaman hidup yang sangat banyak, atau meskipun belum terlalu banyak pengalaman sekalipun, namun karena ia memiliki kepiawaian cara berpikir yang lihai dan pandai mengolah pikiran, biasanya orang seperti itu yang akan berhasil meraih sukses dalam memperjuangkan hidupnya, bahkan masih mungkin juga membantu memperjuangkan hidup orang lain di sekitarnya untuk meraih sukses yang sama pula seperti dirinya. Kepiawaian memang benar-benar dibutuhkan dalam menghadapi segala hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari di dunia ini. Kita bisa melihat tidak sedikit orang yang dapat meraih sukses besar di dunia kehidupan nyata. Hal itu bisa terjadi secara nyata juga karena faktor-faktor yang mendukung itu ada dimiliki oleh orang yang bersangkutan, dan dalam hal ini kepiawaian memang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan seseorang dalam meraih cita-cita hidupnya sendiri.

Menjaga dan Mengembangkan Cara-cara Hidup Demi Meraih Sukses
Cara hidup yang sudah dilengkapi dengan kepiawaian secara pribadi, misalnya pandai memikirkan apa saja yang penting dan hati-hati terhadap hal-hal tidak penting, pandai memikirkan barang-barang yang dibutuhkan dalam usahanya, pandai juga memikirkan bagaimana mengatur orang-orang yang bekerja, dan lain sebagainya. Bahkan pandai juga mengatur tentang hidupnya sendiri bagaimana cara hidup yang sehat, baik sehat jasmani maupun juga sehat secara batiniah. Tidak ketinggalan pula, bagaimana mengatur semua itu agar dapat mengembangkan cara-cara hidup untuk bisa berkesinambungan/berkelanjutan di masa-masa berikutnya. Sebab, jika hal itu tidak dilakukan, bukan tidak mungkin terjadi, bahwa hidupnya yang sudah berhasil dicapai dengan penuh perjuangan itu, akan hancur dengan cepat. Jadi, artinya bahwa hidup ini harus dikembangkan dengan penuh perjuangan yang tidak sederhana, dan juga tidak sedikit. Kita semua juga mengenal istilah yang sangat populer yaitu pahlawan. Kata pahlawan ini justru lebih tepat digunakan untuk menyebut orang-orang yang berani dan tabah menghadapi segala bentuk rintangan, tantangan, gangguan, bahkan masalah-masalah yang berat sekalipun harus dihadapi. Itulah perjuangan, yang jelas-jelas mengandung makna pahlawan kehidupan untuk dapat meraih sukses.

Perjuangan Disertai Berbagai Pengorbanan
Siapapun yang berani berkorban dalam hidupnya demi keberhasilan untuk meraih cita-cita yang membahagiakan banyak orang, adalah orang yang patut disebut pahlawan kehidupan. Siapa sajakah mereka itu?

Dalam pikiran setiap orang akan muncul seketika bahwa yang dimaksud itu adalah orang-orang yang membela wilayah tanah air dari pengaruh kekuasaan/jajahan asing. Hal itu yang akan cepat muncul dari benak setiap orang untuk menjawab pertanyaan di atas. Benarkah demikian? Apakah benar hanya mereka yang telah berjuang membela wilayah tanah air suatu negara yang disebut pahlawan kehidupan? Tentu jawabannya, ‘tidak’. Bukan hanya mereka yang melindungi tanah air saja yang bisa tergolong pahlawan kehidupan. Tapi justru ada beberapa jenis/kelompok orang yang juga tidak kalah penting nyata-nyata bisa disebut atau termasuk dalam kategori pahlawan kehidupan. Bagi mereka yang telah dengan tabah dan berani melangkah dalam hidupnya berjuang dan bekerja keras demi keselamatan dan kebahagiaan hidup orang lain di sekitarnya, sudah sangat jelas dan pasti membawa pengaruh yang baik dan berguna terhadap keberadaan mereka (orang lain) itu sendiri. Mereka patut diberi julukan ‘pahlawan kehidupan’. Jika kita tinjau makna kata ‘pahlawan kehidupan’, maka kita akan menemukan hal-hal sebagai berikut:

1). Ia atau siapa saja bisa disebut ‘pahlawan kehidupan’, karena telah melindungi dan menjaga serta membela wilayah tanah air dari gangguan luar (jajahan asing) telah membantu banyak orang bisa hidup aman, nyaman dan tenang serta bahagia dalam ruang lingkup wilayah itu sendiri. Ini disebut ‘pahlawan’.

2). Ia atau siapa saja bisa disebut ‘pahlawan kehidupan’, karena telah memberikan bantuan/bimbingan ilmu pengetahuan dalam segala hal, telah membantu banyak orang bisa mengetahui, mengerti dan memahami segala sesuatu yang penting untuk dijadikan pengetahuan bagi mereka (banyak orang) itu sendiri. Ini disebut ‘guru’.

3). Ia atau siapa saja bisa disebut ‘pahlawan kehidupan’, karena telah memberikan bimbingan/petunjuk/pelatihan cara-cara kerja kepada mereka untuk berbuat sesuatu demi keberhasilan yang dapat menjamin hidup bagi mereka sendiri. Ini bisa disebut ‘pelatih’.

4). Ia atau siapa saja bisa disebut ‘pahlawan kehidupan’, karena telah memberikan bimbingan rohani/petunjuk/pelatihan cara mengenal diri secara mental spiritual dalam kehidupan nyata sehari-hari bagi banyak orang, sehingga membuat hidup bisa damai dan harmonis. Ini disebut ‘guru spiritual’.

Semua jenis orang tersebut di atas: pahlawan, guru, pelatih, guru spiritual adalah para pahlawan kehidupan. Sebab mereka telah berjuang sampai harus berkorban dalam menjalankan tugas demi keberhasilan orang lain (orang banyak).

Pengorbanan Membawa Kesuksesan dalam Hidup yang Berpengaruh Luas di Masyarakat Para pahlawan bangsa sangat dikenal oleh semua warga bangsa yang mengenang sejarah suatu bangsanya sendiri, setelah mampu merebut kemerdekaan dari kekuasaan para penjajah asing dan melindungi bangsanya sendiri. Mereka yang disebut pahlawan itu, tentu telah bekerja dan berjuang dengan penuh pengorbanan untuk membela wilayah tanah air bangsanya sendiri sehingga bisa merdeka dan bebas dari kekuasaan/jajahan asing. Mereka yang telah mengorbankan hidupnya demi membela bangsanya, akan dikenang dan diingat terus sepanjang masa oleh semua rakyat dari bangsa itu sendiri.

Semua orang (siapa saja) yang telah berbuat dan berjuang untuk kepentingan orang banyak, seperti telah disebutkan di atas, yaitu pahlawan, guru, pelatih, guru spiritual, sangat jelas bahwa hidup mereka di tengah masyarakat luas tentu amat membawa pengaruh yang sangat kuat terhadap perubahan dan perkembangan masyarakat itu sendiri. Masyarakat seperti itu tentu akan dapat mengarah secara baik dan benar untuk berkembang dan maju di masa-masa berikutnya.